Menikah adalah salah satu hajat besar manusia yang memakan biaya tidak sedikit, terlebih lagi di Indonesia. Sebenarnya, nikah itu murah biayanya, yang membuat mahal adalah gengsinya. Maka dari itu, banyak di antara kita rela mengeluarkan uang puluhan juta yang habis dalam waktu hitungan jam berdiri di pelaminan. Nggak jarang pula, ada yang demi bermewah-mewah sampai dibela-belain utang sana sini atau minta ke orang tua. Iya kalau yang punya pesta adalah orangtua, tapi kalau kamu yang tahu-tahu pingin fotoprewedding mahal pakai drone, apa masih mau minta orangtua juga?

Nah, untuk kamu yang sedang merencanakan pernikahan tetapi masih bingung bagaimana dana yang banyak itu didapat, Hipwee Wedding punya beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu mewujudkan pernikahan impian. Simak satu-satu yuk.

1. Sudah diajari semenjak kecil, bahwa menabung adalah pintu untuk mendapatkan apa yang kita mau. Memang harus menunggu dulu sih, tapi sangat berguna

cara-menabung-untuk-menikah-dengan-gaji-tiga-juta via www.maskoolin.com

Menabung adalah cara paling utama yang sering ditawarkan untuk siapapun yang membutuhkan banyak uang dalam jumlah banyak. Menyisihkan penghasilan di awal gajian menjadi persyaratan utama dalam menabung ini. Jangan tunggu sisa gaji baru ditabung. Justru sisihkan di awal. Saat ini sudah banyak kok fasilitas autodebet yang disediakan sama bank. Jadi kamu nggak perlu pusing-pusing mengatur tabungan. Atau kalau kamu cukup disiplin, sisihkan secara manual di awal bulan. Siap?

2. Membeli emas, baik emas perhiasan maupun batangan nyatanya akan berguna ketika kamu butuh dana secara cepat

Wah, bisa! via www.iqtesaduna.com

Memiliki emas selain dipakai untuk perhiasan juga memiliki nilai invesitasi yang menggiurkan. Nilai emas yang relatif stabil bisa menjadi jalan keluarmu untuk modal menikah. Kalau kamu cewek, nggak apa kok kalau uangmua dibelanjakan perhiasan emas. Daripada dibelikan banyak item fashion yang ujungnya cuma teronggok tanpa kamu tau bagaimana cara menjualnya kembali.

3. Menyicil seserahan dari jauh-jauh hari juga bisa dilakukan agar tak memberatkanmu pas hari-H

Mulai cicil dari sekarang via thebridedept.com

Untuk kamu yang sudah fix dengan calonnya, nggak ada salahnya menyiapkan seserahan di jauh-jauh hari. Item yang satu ini kan dibeli dengan harga yang nggak murah. Satu set pakaian saja harganya bisa jutaan. Nah, tipsnya adalah siapkan seserahan yang punya daya tahan lama. Kalau seserahan seperti makanan atau kosmetik yang cepat kedaluwarsa sih sebaiknya disiapkan dekat hari H. Nanti tau-tau sudah kedaluwarsa saja kan.

4. Ketahuilah, bahwa tujuan walimah adalah agar tetangga tahu kalian sudah menikah. Tidak perlu resepsi besar-besar pun bisa dilakukan

Sederhana saja via catatankecil.com

Sebelum kamu memutuskan untuk menikah ala ala simpel, kamu perlu mengetahui bahwa tujuan mengadakan resepsi itu adalah supaya tetangga-tetangga jadi pada tahu kalian sudah menikah. Sehingga nggak akan terjadi fitnah. Sementara menyelenggarakan pesta besar-besaran itu sifatnya opsional saja. Kalau para tetangga, keluarga, dan teman-teman sudah tau kalian menikah, tentu syarat menikah itu sudah cukup kok.

5. Membatasi tamu yang datang juga bisa dilakukan. Toh resepsi yang berkesan bukan dari banyaknya tamu, tetapi kesan yang didapatkan

Harus tetap berkesan via sidomi.com

Nilai dari resepsi itu sebetulnya bukan dari kuantitas tamu yang datang, melainkan kesan yang ditimbulkan dari resepsi kalian. Untuk itulah mengundang lebih sedikit tamu bisa menjadi pilihanmu. Apalagi jaman sekarang ini, sudah banyak pernikahan berkonsep simpel dengan tamu yang sedikit hanya dari lingkungan keluarga, teman dan rekan saja. Bagaimana? Mau coba?

6. Pikirkan kembali tujuanmu resepsi. Mau menampilkan kemewahan atau memberikan jamuan pesta yang berkesan untuk tamu?

Niat awalnya via www.brilio.net

Coba dipikir kembali. Mengeluarkan uang jutaan demi menampilkan kemewahan? Apakah harus sebegitunya. Para tamu itu sebagian besar lebih peduli dengan nikmatnya hidangan resepsi lho. Ketimbang peduli bagaimana dekorasi dan dandanan yang kalian pakai di pelaminan. Mengalokasikan dana untuk kemewahan agaknya bisa dinomorduakan. Yang terpenting adalah bagaimana memberikan kesan mendalam untuk para tamu.

7. Investasi usaha yang dimulai sedari dini juga ampuh untuk mengumpulkan dana masa depan

Nah kalau kalian sudah menentukan bagaimana konsep resepsi yang kalian usung, saatnya membangun banyak alternatif untuk mendapatkan dana untuk resepsi. Setelah membahas soal menabung, beli emas dan menyicil seserahan, kini kamu bisa mencoba membangun startup dan investasi. Tak ada salahnya kan. Toh nanti hasilnya nggak cuma untuk jangka pendek semisal pernikahan saja. Namun bisa jadi sumber penghasilan keluarga yang menggiurkan.

8. Pamungkasnya nih, kalau kamu punya banyak barang nggak terpakai, dijual saja ke tempat yang banyak tawarkan untung

Karena Bekas bisa jadi apapun! via bekasjadiapapun.id

Yang namanya menikah kan pastinya akan tinggal di tempat baru dan bersama orang baru. Bukan nggak mungkin kamu akan meninggalkan barang-barangmu yang lama. Mungkin itu tas, baju, furniture, aksesoris dan sebagainya yang kamu pikir akan memenuhi tempat tinggalmu setelah menikah nanti. Memang sulit mengikhlaskan barang yang sudah lama menemanimu kamu. Terlebih lagi untuk para cewek yang berat sekali melihat barang kesayangan ada di pangkuan orang lain.

Daripada cuma teronggok begitu saja tanpa perawatan, mendingan kamu relakan barang bekasmu di OLX. Karena barang bekasmu bukan jadi benar-benar useless jika dipakai orang lain, motto hidup #BekasJadiApapun bisa bikin orang lain terbantu bukan nantinya?

Nggak sekadar mengikhlaskan barang kesayangan, kamu akan mendapatkan calon pembeli yang banyak dan tahu orang-orang yang siap jadi tuan baru dari barangmu itu. Selain itu, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan hadiah menarik seperti smartphone, tas, home theatre dan voucher The Body Shop. Karena barang bekasmu yang pernah terpakai, belum tentu nggak punya arti buat orang lain. Bisa balik modal walaupun hanya separuh, Bekas Jadi Apapun dari OLX ini bisa bantu kamu buat menambah tabungan nikahanmu kelak.

Tunggu apa lagi? Wujudkan pernikahan impianmu dengan cara-cara yang smart dan mudah ini, yuk!